loading…
Ban botak sebelah menjadi peristiwa yang kerap dialami oleh pengguna kendaraan. (Foto: Suzuki)
Umumnya, ban akan terkikis dan permukaannya menjadi botak secara bersamaan, karena digunakan dalam intensitas yang sama. Tetapi, ban botak sebelah menjadi peristiwa yang kerap dialami oleh pengguna kendaraan, kenapa?
Berikut penyebab ban botak sebelah seperti dibagikan oleh Suzuki.
1. Kelebihan Muatan
Kelebihan muatan pada satu sisi dapat menjadi penyebab ban botak sebelah . Kondisi ini mengakibatkan ketidakseimbangan beban yang dapat merugikan kestabilan dan kinerja kendaraan.
Selain itu, kelebihan muatan pada satu sisi juga dapat mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar. Untuk itu, perlu kesadaran terhadap pembagian beban yang merata untuk menjaga ban mobil.
2. Sudut Kemiringan Ban Tidak Presisi
Ban yang sudut kemiringannya diatur dengan benar dan lurus, maka permukaan ban tersebut akan menyentuh dan menapak medan jalan secara rata. Akan tetapi, ketika sudut kemiringan ban diatur kurang teliti, maka ban menjadi tidak lurus.
Dampaknya, permukaan ban tidak akan menyentuh dan menapak medan jalan secara rata dan sempurna. Ban yang sudutnya tidak rata akan membuat sebagian permukaan ban condong mengarah ke luar.
[ruby_related heading=”More Read” total=5 layout=1 offset=5]
Sudut kemiringan ban yang tidak benar diakibatkan saat spooring kurang teliti sehingga hasilnya tidak memenuhi standar.
3. Tekanan Angin pada Ban Tidak Sesuai
Ban mobil harus memiliki tekanan angin yang sesuai dengan pedomannya agar performa tetap optimal. Jika ban menerima tekanan angin yang tidak sesuai, maka bisa menjadi penyebab ban botak sebelah.
4. Pengaturan Suspensi
Penyebab ban mobil habis sebelah berikutnya adalah pengaturan suspensi yang kurang tepat. Hal tersebut akan menyebabkan sudut tegak lurus ban dengan tanah berakhir tidak tepat.
Kondisi tersebut kemudian membuat salah satu sisi ban tidak menapak ke permukaan jalan dengan sempurna.
Tidak hanya berdampak pada kondisi ban yang salah satu sisinya menjadi lebih cepat habis, suspensi yang pengaturannya tidak lurus pun akan mempengaruhi area camber, sehingga mengikis ban dalam lebih cepat.
(msf)