Jakarta (Partaipandai.id) – PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank), bank digital yang melayani segmen ritel dan UMKM resmi bergabung menjadi peserta sistem pembayaran BI-Fast Batch 6 pada Senin 20 Maret 2023.
Pelaksanaan sistem pembayaran ini dilakukan melalui Multi-tenancy Infrastructure Sharing yang dihubungkan oleh PT Rintis Sejahtera.
Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu, mengatakan penerapan BI-FAST sejalan dengan tujuan Amar Bank sebagai bank digital.
“Amar Bank yang sejak awal sudah digital, terus berkomitmen untuk memberikan dampak sosial bagi masyarakat dan meningkatkan kesehatan keuangan dan inklusi keuangan secara berkelanjutan melalui solusi digitalnya,” ujar Vishal.
Vishal menambahkan, dengan mengimplementasikan layanan BI-FAST, pihaknya optimistis Amar Bank dapat mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional dan memberikan pengalaman layanan transaksi yang mudah dan terjangkau kepada nasabah.
Langkah ini menunjukkan komitmen Amar Bank untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan inklusi keuangan melalui teknologi canggih dan solusi keuangan yang inovatif.
[ruby_related heading=”More Read” total=5 layout=1 offset=5]
Bank Indonesia menyatakan bahwa sistem pembayaran BI-FAST yang memfasilitasi transaksi pembayaran ritel bagi masyarakat bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional dan digitalisasi keuangan untuk mendukung inklusi keuangan.
Saat ini sistem pembayaran BI-FAST memiliki 122 peserta atau 94 persen dari sistem pembayaran ritel nasional. Sejak diluncurkan pada Desember 2021, Bank Indonesia telah mencatatkan lebih dari 414 juta transaksi transfer senilai Rp 1,393 triliun hingga Oktober 2022, menunjukkan kepopuleran dan kesuksesan sistem pembayaran ini.
Didukung kecanggihan Artificial Intelligence (AI) dan teknologi cloud, Amar Bank memberikan solusi keuangan yang dipersonalisasi yang memungkinkan nasabah untuk menabung, membayar, dan mengelola keuangannya secara efektif.
Selain itu, teknologi AI Amar Bank juga dapat menganalisis perilaku nasabah untuk membangun kebiasaan menabung yang baik dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai kesehatan finansial yang lebih baik.
Ke depan, Amar Bank terus berkomitmen untuk memberdayakan individu dan UMKM, khususnya yang memiliki tidak memiliki rekening bank Dan terlayanimelalui kesehatan keuangan yang berdampak dan inklusi keuangan.
Baca juga: ASEANBAC, Menteri Keuangan-Gubernur Bank Sentral ASEAN dorong ekonomi digital
Baca juga: BI: Mata uang digital bank sentral perlu dipromosikan di ASEAN
Baca juga: Bank Aceh mengajak masyarakat memanfaatkan kanal digital saat liburan bersama
Pemberita: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
HAK CIPTA © Partaipandai.id 2023