Jakarta (Partaipandai.id) – Jasa logistik sesuai permintaan GoSend meluncurkan layanan GoSend Car bersama Tokopedia untuk mendorong UMKM, juga merilis buku “Tips Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital” di Kota Surabaya, Jawa Timur.
Acara yang digelar pada 12 Juli 2022 bertajuk “GoSend Update 2022 – Surabaya” menghadirkan Head of Logistics Gojek Steven Halim, Sales Operation and Product Senior Lead Logistics Tokopedia Stephanie Octavia, Perwakilan Dinas Koperasi dan Perdagangan UKM (Dinkopdag) Pemerintah Kota Surabaya. Zulfikar, Best Seller GoSend dan pemilik All Day Bakes Angela Setiadi, dan Best Seller GoSend, pemilik Moriko Mise Lusiana Budirdjo.
kamiBaca juga: GoSend memperkuat inovasi pada tahun 2022, membantu meningkatkan pendapatan mitra pengemudi
Melanjutkan upaya berkelanjutan GoTo untuk mendukung pelaku UMKM melalui inovasi layanan dan teknologi, GoSend dan Tokopedia—platform marketplace yang juga merupakan bagian dari ekosistem GoTo—bersama-sama menghadirkan GoSend Car, layanan pengiriman instan menggunakan mobil dengan garansi satu hari.
Head of Logistics Gojek Steven Halim mengatakan pertumbuhan positif secara beriringan antar sektor perdagangan elektronik dan logistik sesuai permintaan membuat perusahaan menghadirkan GoSend Car bersama Tokopedia.
“Layanan GoSend Car ini akan menggunakan partner atau armada dari GoCar. Melalui hadirnya layanan ini, kami berharap dapat menjadi peluang baru bagi mitra GoCar untuk memperoleh pendapatan dan menjawab kebutuhan pengiriman barang berukuran besar yang tidak dapat diangkut. oleh mitra roda dua,” katanya.
Ia berharap inovasi layanan ini dapat memberikan dampak yang baik bagi seluruh ekosistem GoTo, baik kepada pengguna penjualpembeli dan terutama kepada mitra pengemudi.
Sinergi dan mitra layanan logistik berbasis data dan andal perdagangan elektronik Ini juga menjadi pilihan bagi penjual, di mana proporsi pesanan di Tokopedia dikirim menggunakan GoSend sebagai layanan logistik sesuai permintaan tumbuh dari 34 persen menjadi 81 persen dari semua pesanan yang dikirim menggunakan layanan logistik sesuai permintaanjika dibandingkan antara Desember 2020 dan Desember 2021.
Sales Operation and Product Senior Lead Logistics Tokopedia Stephanie Octavia mengatakan, bagi Tokopedia, kemajuan bersama sangat penting, dimana layanan logistik yang handal erat kaitannya dengan perdagangan elektronik.
“Kerjasama Tokopedia dengan GoSend sangat penting untuk dapat mendukung dan memberikan dampak yang lebih luas kepada masyarakat, dimana bersama-sama kami menghadirkan GoSend Car pada akhir Mei tahun ini yang merupakan layanan pengiriman instan pertama untuk barang berukuran besar di platform Tokopedia. Dengan hadirnya GoSend Car, penjual di Tokopedia akan melengkapi opsi pengiriman barang berukuran besar, untuk memudahkan pembeli.”
GoSend Car memberikan pilihan pengiriman yang lebih cepat dengan durasi maksimal 3 jam dan hemat karena berdasarkan jarak per kilometer dan bukan berat. Pengiriman Mobil GoSend juga aman, dilengkapi dengan fitur Live Tracking, Proof of Pick Up & Proof of Delivery yang disediakan oleh GoSend dan juga dilindungi oleh layanan asuransi pengiriman di Tokopedia.
Layanan ini ditujukan untuk pengiriman barang dengan batasan berat 20-100 kg dan dimensi 100 x 100 x 80 cm. Jenis barang besar yang sering dibeli secara online antara lain peralatan rumah tangga, elektronik, hingga perawatan hewan.
Saat ini layanan GoSend Car hanya tersedia di kota Surabaya untuk pengiriman barang yang dibeli melalui aplikasi Tokopedia dan dapat dipesan mulai pukul 06.00 – 21.00 melalui aplikasi Tokopedia.
Steven mengatakan Surabaya merupakan salah satu kota yang menjadi fokus GoSend. Per Desember 2021, lebih dari 17 juta UMKM telah orientasi ke berbagai ekosistem digital di seluruh Indonesia dan diharapkan pada tahun 2024 jumlahnya bisa mencapai 30 juta.
Selain inovasi layanan baru, GoSend juga menghadirkan buku “Tips Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital” yang merupakan bagian dari kampanye #BestSellerGoSend yang merupakan komitmen GoSend untuk penjual sosial atau para penjual yang menggunakan media sosial dan platform perdagangan elektronik.
Baca juga: Gosend luncurkan buku khusus UKM untuk memperkaya pengetahuan bisnis
Baca juga: Ariel Noah dan GoSend Remake MV “What’s Up With You”
Baca juga: GoSend bekerja sama dengan PMI untuk pengiriman transfusi darah
Reporter: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Redaksi Pandai 2022