Kedepannya kami juga ingin bisa berkembang bersama Shopee
Jakarta (Partaipandai.id) – Tidak bisa dipungkiri bahwa usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu tulang punggung perekonomian di tanah air, termasuk di tengah pandemi COVID-19.
Dengan memanfaatkan digitalisasi yang menghasilkan perluasan pasar yang lebih besar, UMKM di Indonesia juga semakin berkembang dari tahun ke tahun.
Salah satu UMKM yang memanfaatkan digitalisasi adalah Yulia Anggraeni, pelaku usaha mebel dengan nama toko “VOC Store” yang memanfaatkan digitalisasi dan memberdayakan pekerja dari masyarakat sekitar.
Baca juga: Shopee dukung UKM batik nasional untuk ekspor
“Awalnya saya jualan sejak tahun 2016 yaitu aksesoris HP seperti kasus khusus Namun, setelah tiga tahun, mereka selalu mengalami masalah yang sama, yaitu selalu kehabisan stok karena produk yang dijual adalah produk impor.”
“Jadi pergi dari sana aku pikir kenapa Tidak menggunakan produk dengan bahan baku di Indonesia atau dari lingkungan sekitar saya. Akhirnya saya mencoba menggunakan kayu jati asli Belanda dan memulai bisnis mebel,” ujar perempuan yang akrab disapa Ranny ini menceritakan kisahnya meliuk memanfaatkan keunggulan lokal untuk menjadi UKM di webinar diselenggarakan oleh Shopee, Selasa.
Meskipun tentu saja transisi produk dari aksesori ponsel kecil ke aksesori ponsel mebel yang notabene memiliki ukuran yang besar merupakan sebuah tantangan, namun dengan pengamatan dan ketekunan, akhirnya Yulia berhasil mengembangkan usahanya.
Berkat digitalisasi, proses transisi terasa lebih ringan mengingat era 2019 perdagangan elektronik Banyak bermunculan di tanah air, salah satunya adalah Shopee.
Ranny juga memutuskan untuk fokus membuat perabot dapur khusus, seperti rak penyimpanan bumbu masak, rak penyimpanan peralatan masak, hingga rak penyimpanan bawang dan bumbu.
Baca juga: Omset naik 200 persen, intip kiprah pengrajin Bali bersama Shopee
“Perjalanan bisnis kami memang tidak mulus namun hal inilah yang mendorong dan memotivasi kami untuk semakin sukses, apalagi dengan bantuan fitur dan promo dari Shopee.
Memasuki tahun ketiga kami menjual peralatan penyimpanan dapur kayu, sekarang kami dapat membangun dua bengkel menggarap dan mempekerjakan warga sekitar untuk menghasilkan produk-produk VOC Store,” ujarnya.
Kehadiran digitalisasi yang masif dan akselerasi di masa pandemi justru dilihat Ranny sebagai langkah untuk memperluas pasar.
Dulu orang lebih suka membeli produk furnitur secara langsung, kemudian setelah digitalisasi, masyarakat kini lebih percaya diri untuk membeli produk secara online.
Baca juga: Doa ibu antara Dobujack adalah produk modern untuk anak muda Indonesia
Selain berbagai macam produk yang dapat ditemukan, masyarakat juga dapat membandingkan harga dan menemukan yang terjangkau namun tetap berkualitas tinggi.
Menurut Ranny, hal tersebut mendorong dirinya untuk lebih semangat dan antusias dalam menyusun strategi dan cara berjualan di ranah digital.
Kehadiran digitalisasi yang masif dan akselerasi di masa pandemi justru dilihat Ranny sebagai langkah untuk memperluas pasar.
Dulu orang lebih suka membeli produk furnitur secara langsung, kemudian setelah digitalisasi, masyarakat kini lebih percaya diri untuk membeli produk secara online.
Baca juga: Bagaimana Shopee mempersiapkan UMKM yang unggul dan sukses di pasar global
Selain berbagai macam produk yang dapat ditemukan, masyarakat juga dapat membandingkan harga dan menemukan yang terjangkau namun tetap berkualitas tinggi.
Menurut Ranny, hal tersebut mendorong dirinya untuk lebih semangat dan antusias dalam menyusun strategi dan cara berjualan di ranah digital.
Dia juga mulai berpartisipasi dalam berbagai metode promosi, dari program belanja di kencan kembar hingga taktik penjualan melalui siaran langsung di platform e-niaga Shopee.
“Ke depan kami juga ingin bisa berkembang bersama Shopee dan mampu menciptakan lapangan kerja lebih banyak. Sebagai pelaku UMKM sendiri dengan pengalaman bisnis yang naik turun, saya berharap para pelaku UMKM di luar sana yang baru memulai, baik di kategori home equipment dan lainnya, Jadi jangan patah semangat dan terus fokus belajar bagaimana berkembang di pasar saat ini,” tutup Ranny.
Baca juga: Shopee 11.11 Big Sale hadir dengan dukungan untuk bisnis lokal
Baca juga: Shopee Barokah tampil baru, menghadirkan produk halal pilihan
Baca juga: Jokowi bertemu UMKM Bali yang ekspornya tembus tujuh negara
Reporter: Livia Kristianti
Redaktur : Suryanto
Redaksi Pandai 2022