Jakarta (Partaipandai.id) – Daftar pemenang brand terbaik Tanah Air, “Indonesia Best Brand 2022” diumumkan dalam webinar Indonesia Best Brand Conference & Awarding bertema “New Marketing Paradigm: Managing Multiple Challenges Towards Sustainable Business” pada Rabu (30/11).
Merek Formula memenangkan Indonesia Best Brand 2022. Direktur Pemasaran Formula Jenifer Fransisca mengatakan dalam siaran persnya, Jumat, bahwa inovasi pemasaran digital adalah kunci sukses.
“Dengan inovasi digital marketing, perusahaan dapat menjangkau target konsumen dengan lebih efisien dan efektif serta dapat menjangkau konsumen lebih cepat, tepat dan masif,” ujarnya.
Ditambahkannya, selain itu, kunci sukses Formula selalu menjaga kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama dalam pengembangan produk.
Baca juga: Lima brand lokal yang merayakan Hari UMKM Nasional 2022
“Kami sangat menjaga standar kualitas yang terus kami kembangkan selama 37 tahun Formula berdiri. Dan tentunya karena Formula merupakan produk asli dari Indonesia, kami selalu memasukkan pemikiran tentang budaya konsumen Indonesia ke dalam sentuhan desain produk sikat gigi Formula. “ucap jennifer.
Setelah dua tahun dilakukan secara daring akibat pandemi COVID-19, ajang penghargaan Indonesia Best Brand (IBBA) 2022 digelar secara hybrid dengan menghadirkan pembicara antara lain: Wafa Taftazani, CEO Upbanx, Chairman VCGamers, dan Director of RANS Usaha. Kemudian Gupta Sitorus, Chief Sales & Marketing Officer WIR Group dan Ferry Haryanto, Marketing Director Garuda Food.
Ajang tahunan Indonesia Best Brand telah digelar selama 20 tahun berturut-turut, sebagai apresiasi terhadap merek-merek terbaik Tanah Air yang menjadi tolak ukur kinerja di Indonesia. Tahun 2022, ada 124 kategori yang mengikuti survei IBBA.
“Indonesia Best Brand Award sendiri telah menjadi barometer untuk mengukur brand-brand bernilai dan terbaik di industrinya,” kata Kemal E. Gani, Group Chef Editor SWA Media.
Majalah SWA dan Mars Indonesia Digital berkolaborasi mengadakan Brand Survey 2022 untuk menentukan Indonesian Best Brand 2022.
Brand Survey adalah penelitian rutin setiap tahun yang mengukur nilai suatu merek dengan menggambarkan elemen-elemen yang menentukan nilai tersebut. Hasil survey ini dapat mengetahui posisi, perubahan dan persaingan masing-masing merek dengan merek lain pada setiap elemen yang diukur.
Metodologi survei ini bersifat kuantitatif dengan melakukan wawancara tatap muka dari rumah ke rumah dengan menggunakan Aplikasi Survei (STG). Kriteria responden adalah rumah tangga, menikah/belum menikah 25-50 tahun, kelas sosial ekonomi ABCD (SES). Periode survei dilakukan selama Juli – Agustus 2022.
Adapun beberapa merek Juara IBBA 2022 antara lain Bridgestone, Federal Matic, Winn Gas, Momogi, Sharp, BRI, Prudential, Sanyo, Hatari, Sania, Paramex, Parents’ Wine, Hufagripp, Hufagripp BP, AUTO2000, Formula, Tango, BSI, Dulux, Garda Oto, Tolak Angin Sido Muncul, BPJS Kesehatan, FIFASTRA, Polytron, Kacang Garuda, Pilus Garuda, Gery Chocolatos, Chocolatos, Mountea, Okky Jelly Drink dan sebagainya.
Paulus Tedjosutikno, Direktur PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk mengaku senang menerima penghargaan IBBA 2022 tersebut. Ia mengatakan, salah satu dampak pandemi adalah perubahan perilaku masyarakat terhadap transaksi digital.
“Menyadari hal tersebut, Garudafood mengoptimalkan strategi distribusi melalui digital market place sejalan dengan tren penjualan yang meningkat. Strategi komunikasi juga diatur lebih kreatif melalui berbagai kanal digital.”
Selain itu, untuk mendapatkan eksposur, konektivitas, dan kesadaran merek, Garudafood menggunakan kampanye pemasaran 360°, seperti iklan TV, penempatan produk serial TV, dan kampanye digital di platform seperti TikTok, Youtube, dan pemberi pengaruh Instagram, serta iklan digital.
“Dengan inisiatif pemasaran ini, kami berharap dapat membangun engagement dan niat beli dari konsumen,” jelas Paulus.
Sementara itu, Andreas C. Sugihartono, General Manager Marketing PT Gratia Husada Farma, produsen obat Hufagripp yang juga peraih IBBA 2022, mengatakan strategi pemasaran digital ditempuh dengan menggunakan pemberi pengaruh serta mengoptimalkan media sosial dengan mengoptimalkan konten.
“Prinsipnya, kami ingin memudahkan generasi milenial dan generasi mendatang untuk mendapatkan informasi dan produk yang bermanfaat. Informasi lengkap juga bisa didapat secara offline, seperti materi promosi di apotik dan SPG (BTL). Kami juga menyediakan customer care online di website. Masing-masing mendapat porsi yang sama. Karena sama pentingnya,” kata Andreas.
Baca juga: Pemegang merek dagang Charles & Keith ini siap bersaing di kancah global
Baca juga: Wamen Parekraf mengapresiasi para pelaku UMKM yang telah dipercaya dalam membesarkan brand lokal
Baca juga: Memasuki bisnis baru, brand Nona menghadirkan lini parfum
Reporter: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Redaksi Pandai 2022