Jakarta (Partaipandai.id) – Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal, Tokopedia terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal, salah satunya dengan mendorong implementasi digitalisasi pasar rakyat.
“Melalui program turunan dari inisiatif Hyperlocal, Digitalization of People’s Markets, kami berharap dapat memberikan panggung bagi para penggiat pasar rakyat di berbagai wilayah di Indonesia untuk berkontribusi pada ekonomi digital,” jelas Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison. Partaipandai.id di Jakarta, Senin.
Baca juga: Tokopedia: Transaksi Belanja Online di Manado Meningkat
“Dalam praktiknya, kami akan membantu membuka rekening pasar rakyat untuk pembinaan bisnis online di platform Tokopedia,” tambah Leontinus.
Digitalisasi Pasar Rakyat juga merupakan bentuk dukungan Tokopedia dalam mempercepat target Kementerian Perdagangan Republik Indonesia mendigitalkan pasar rakyat dan UMKM lebih banyak pada tahun 2024.
Diberitakan pula bahwa Menteri Perdagangan Republik Indonesia hari ini melakukan kunjungan ke salah satu pasar rakyat yaitu Pasar Baru Cicalengka yang sudah memiliki kanal digital di Tokopedia.
[ruby_related heading=”More Read” total=5 layout=1 offset=5]
Melalui Tokopedia, Pasar Baru Cicalengka berhasil mendukung ratusan pedagang lokal untuk tetap terhubung dengan masyarakat yang membutuhkan kebutuhan sehari-hari, terutama di masa pandemi.
“Kami berharap digitalisasi pasar rakyat dan UMKM dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang maju dan inklusif,” kata Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan.
“Dengan dukungan platform digital seperti Tokopedia, upaya ini akan sangat membantu percepatan pencapaian target transformasi digital khususnya di sektor perdagangan,” imbuhnya.
Selain pemerintah pusat, Tokopedia juga bersinergi dengan pemerintah daerah untuk bermitra dengan para penjual baru, baik individu maupun pasar rakyat di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Barat.
“Kerjasama dengan platform digital seperti Tokopedia untuk mempercepat digitalisasi pasar rakyat ini diharapkan dapat membantu para pedagang pasar rakyat meningkatkan penjualannya secara online sekaligus berkontribusi terhadap perekonomian Jabar,” kata Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum.
Hingga saat ini, sudah ada 10 pasar rakyat yang bergabung dengan Tokopedia. Pasar Baru Cicalengka dan Pasar Cihapit di Bandung, Pasar Cikurubuk di Tasikmalaya, Pasar Anyar Tangerang, Pasar Rakyat Oro Oro Dowo di Malang, Pasar Beringharjo dan Pasar Gentan di Yogyakarta, Pasar Sewakamart di Badung di Bali, dan Pasar Baruga di Pa’baeng Timur- baeng dan Baruga Pasar Kampung Baru di Makassar.
Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan Gratis Ongkos Kirim dari Tokopedia sehingga dapat memperoleh berbagai kebutuhan sehari-hari, seperti sembako dan minyak goreng hingga kebutuhan rumah tangga lainnya seperti sabun dan sampo, dengan lebih mudah dan efisien.
Terakhir, Leontinus mengatakan bahwa pihaknya akan terus berkolaborasi dengan mitra strategis, termasuk pemerintah pusat dan daerah, untuk menghadirkan solusi yang aman dan andal untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.
Baca juga: Mendag mengatakan digitalisasi pasar telah meningkatkan pesanan sebanyak 56 kali
Baca juga: Dekranasda – Tokopedia memasarkan produk UMKM Surabaya
Baca juga: Pakaian hingga mainan favorit kategori “ibu dan anak” di Tokopedia
Reporter: Lifia Mawaddah Putri
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Redaksi Pandai 2022