Pemerintah mengapresiasi pelaku usaha yang meningkatkan literasi digital UMKM

Jakarta (Partaipandai.id) – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika mengapresiasi upaya yang dilakukan pelaku usaha dalam meningkatkan literasi digital, khususnya terkait perlindungan data pribadi, bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“UMKM kerap menjadi sasaran berbagai upaya kejahatan digital yang berisiko bagi kelangsungan usaha,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan di Jakarta, Senin.

GoTo Group atau PT GoTo Gojek Tokopedia menandatangani nota kesepahaman dengan Gerakan Literasi Digital Sibercreation (GNLD) untuk meningkatkan literasi digital, khususnya terkait perlindungan data pribadi, bagi jutaan mitra bisnis GoTo di Indonesia.

Semuel berharap langkah kerjasama yang dilakukan GoTo dengan GNLD Sibercreation dapat diikuti oleh perusahaan lain dalam mengelola data pribadi sesuai dengan undang-undang.

Baca juga: Literasi digital menjadi tantangan utama untuk mendorong UMKM melakukan upgrade

SVP Group Head of Data Protection and Privacy Officer (DPPO) GoTo, Leny Suwardi mengatakan, pemahaman UMKM terhadap keamanan data merupakan bagian penting dari literasi digital.

Menurutnya, untuk menciptakan ekosistem digital yang benar-benar aman diperlukan kerja sama berbagai pihak. Selain itu, juga membutuhkan teknologi yang mumpuni, regulasi yang memadai, dan pengguna teknologi yang memahami cara melindungi data dan privasi.

“Pemahaman UMKM akan pentingnya perlindungan data pribadi akan membuat ekosistem kami semakin aman dan dipercaya oleh konsumen, oleh karena itu kami berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam peningkatan literasi digital bagi Indonesia,” ujar Leny.

Ketua GNLD Sibercreation Donny Budhi Utoyo mengatakan pada awal tahun 2021 Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyusun Roadmap Literasi Digital 2021-2024 yang menggunakan sejumlah referensi global dan nasional.

Dalam roadmap tersebut dirumuskan empat kerangka literasi digital untuk pengembangan kurikulum, yaitu keterampilan digital, keamanan digital, etika digital, dan budaya digital.

GoTo dan Sibercreation telah menjalin kerjasama strategis pada November 2020 untuk literasi digital UMKM melalui kampanye #JAGA untuk mitra Gojek dan GoTo Financial.

Kolaborasi ini telah menjangkau lebih dari 300 ribu anggota masyarakat dan menyebabkan penurunan Account Take Over (ATO) sebesar 96 persen pada periode Januari 2020 hingga April 2021.

Baca juga: Penguasaan literasi teknologi kunci bagi UKM “go digital” dan internasional

Baca juga: GoTo menyediakan kelas dan komunitas untuk meningkatkan literasi digital UMKM

Baca juga: UKM Center UI: Literasi digital menjadi tantangan bagi UMKM dalam pengurusan izin usaha

Reporter: Fathur Rochman
Editor: Natisha Andarningtyas
HAK CIPTA © Partaipandai.id 2023

Sumber

Share This Article
Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *