Jakarta (Partaipandai.id) – TikTok mengajak pengguna merayakan HUT RI dengan mengikuti program #SerunyaIndonesia, dengan menampilkan berbagai konten bernuansa persatuan dan kesatuan bangsa.
“Kami melihat bagaimana masyarakat Indonesia saling menginspirasi melalui kreativitas tanpa batas untuk menunjukkan keceriaan di Indonesia meskipun dalam kondisi pandemi, mulai dari mencari hiburan, beradaptasi dan belajar hal baru, mendukung bisnis lokal dan UMKM, mendorong tim nasional, hingga mempromosikan destinasi pariwisata. Hal ini menginspirasi kampanye #SerunyaIndonesia agar bersama-sama kita bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” kata Head of Operations TikTok Indonesia Mahwari Sadewa Jalutama dalam siaran pers, Rabu.
Mulai 6-21 Agustus 2022, TikTok mengajak pengguna untuk merayakan #SerunyaIndonesia. Mulai dari sektor pariwisata, kuliner, kesenian, hingga pesta rakyat akan berlangsung terus menerus dengan jadwal sebagai berikut.
Baca juga: TikTok menghadirkan fitur penerjemah “teks otomatis”
4 – 17 Agustus 2022: Jelajahi #SerunyaIndonesia
Program eksplorasi 77 destinasi wisata di Indonesia yang disiarkan secara live streaming selama 77 jam di TikTok LIVE, bersama kreator TikTok Canny Claudia (@cannyclau), Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro), Melani Amelia (@namakuamel_racosta) dan Nanda Setya Pratama Juanda (@ itu meledak).
[ruby_related heading=”More Read” total=5 layout=1 offset=5]
Eksplorasi #SerunyaIndonesia didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan tiket.com, dan akan mengunjungi lima destinasi super prioritas pemerintah dalam rutenya.
12 – 17 Agustus 2022: #SerunyaIndonesia On The Road
Program pemberdayaan masyarakat yang akan diikuti oleh berbagai kreator dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia.
Komunitas TikTok yang hadir akan mendapatkan pelatihan dan sharing session dengan para kreator ternama serta menikmati keseruan turnamen game tradisional.
Acara ini akan berlangsung di tiga kota, yaitu Surabaya, Bali, dan Medan.
11 – 21 Agustus 2022: Toko TikTok “Untuk Fashion Anda”
Program pameran yang berlangsung sebagai hybrid exhibition fashion lokal di Mall Kota Kasablanka, Jakarta ini diharapkan dapat menjadi wujud dukungan dan upaya untuk terus memajukan UMKM lokal di sektor fashion di tanah air.
Juga tersedia tantangan tagar #TikTokBanggaLokal di platform TikTok dengan hadiah dan fasilitas menarik dihadirkan untuk UMKM lokal.
12 Agustus 2022: Peluncuran #MajuBarengTikTok
Program pemberdayaan UMKM TikTok selama satu tahun untuk membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan kinerja bisnis.
Didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, peserta #MajuBarengTikTok akan mendapatkan pelatihan khusus untuk memanfaatkan layanan TikTok, antara lain fitur-fitur seperti TikTok For Business, TikTok Shop, dan TikTok LIVE secara maksimal.
26 Agustus 2022: Playbook Merek Kecantikan Lokal TikTok
Peluncuran buku panduan untuk membantu mempromosikan merek produk kecantikan lokal di Indonesia.
Buku ini akan memuat lanskap industri kecantikan di Indonesia, tips dan trik tentang konten kecantikan, serta kisah sukses brand kecantikan lokal yang berhasil meningkatkan bisnisnya dan mampu bersaing dengan brand internasional, memanfaatkan solusi bisnis dari TikTok Untuk bisnis.
19 Agustus 2022: Festival #SerunyaIndonesia
Puncak dari kampanye #SerunyaIndonesia adalah merayakan persatuan di tengah keragaman di tanah air.
Festival multi-generasi ini akan ditandai dengan pertunjukan langsung dari band legendaris Slank, lukisan mobil oleh pencipta Alicia Eva, dan peragaan busana oleh desainer Christie Basil yang akan mengambil 77 pencipta TikTok sebagai model.
Juga akan ada turnamen #SerunyaIndonesia dengan permainan tradisional dan pertandingan olahraga bersama kreator, dan berbagai kegiatan lainnya.
“Kampanye #SerunyaIndonesia menggambarkan semangat yang ada di platform TikTok, dimana komunitas TikTok, termasuk UMKM dan merek, bersatu padu dan ciptakan keceriaan bersama di tengah kondisi apapun. Festival #SerunyaIndonesia sebagai puncak perayaan HUT RI ke-77 akan menjadi bentuk kolaborasi komunitas TikTok untuk merayakan keragaman budaya dalam kreativitas anak bangsa sebagai satu Indonesia,” pungkas Mahwari.
Untuk memeriahkan kampanye tersebut, TikTok merilis lagu dengan judul serupa, yaitu “Serunya Indonesia” yang dinyanyikan oleh musisi-musisi berbakat, antara lain ABRAM, Tiffani Afifa, dan Pieter Anroputra.
Lagu “Serunya Indonesia” akan tersedia di platform streaming digital (DSP) pada 12 Agustus 2022.
Baca juga: Instagram berencana untuk memperkenalkan unggahan foto vertikal penuh
Baca juga: TikTok mempersembahkan Explore #SerunyaIndonesia
Baca juga: Pariwisata pulih lebih cepat dengan skema digitalisasi yang tepat
Reporter: Livia Kristianti
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Redaksi Pandai 2022