Tanda tangan elektronik mempercepat penandatanganan dokumen karena puluhan dokumen yang sudah diunggah ke aplikasi dapat ditandatangani secara bersamaan.
Jakarta (Partaipandai.id) – Teknologi telah memberikan kemudahan dalam setiap aspek pekerjaan, salah satunya penandatanganan dokumen dengan tanda tangan elektronik, menggantikan tanda tangan basah.
Innovation Leader di Mekari Brendan Rakphongphairoj dalam keterangan persnya, Jumat, mengatakan meningkatnya penggunaan tanda tangan elektronik atau tanda tangan elektronik sejalan dengan tren digitalisasi yang membuat bisnis semakin banyak tanpa kertas, tanpa kertas.
Tanda tangan elektronik mengotomatiskan proses penandatanganan dokumen, sehingga meningkatkan efisiensi kerja pihak-pihak yang memiliki kewenangan untuk menyetujui atau menyetujui dokumen, seperti pimpinan perusahaan, tim di bagian keuangan, atau tim di bagian hukum, kata Brendan dalam keterangannya, Jumat .
“Tanda tangan elektronik berguna bagi perusahaan yang harus mengolah berbagai macam dokumen setiap hari, termasuk perusahaan di bidang retail, keramahanpendidikan, serta layanan profesional seperti konsultan, bisnis ke bisnis (B2B) dan teknologi,” kata Rakphongphairo.
Mekari yang menyediakan tanda tangan elektronik yang disertifikasi oleh Electronic Certificate Operator (PSrE) menemukan sedikitnya lima manfaat penggunaan tanda tangan elektronik.
1. Satu klik untuk menandatangani semua
Menandatangani lusinan dokumen dapat menghabiskan banyak waktu yang dapat digunakan untuk tugas lain. Tanda tangan elektronik mempercepat penandatanganan dokumen karena puluhan dokumen yang sudah diunggah ke aplikasi dapat ditandatangani secara bersamaan. Aplikasi tanda tangan elektronik juga dapat menangani dokumen dalam berbagai format, dari PDF hingga docx.
2. Mengejar tanda tangan dengan santai
Mengejar tanda tangan seseorang terkadang bisa melelahkan. Aplikasi tanda tangan elektronik Permintaan tanda tangan memudahkan karena aplikasi akan mengirimkan notifikasi secara otomatis untuk mengingatkan orang agar menandatangani dokumen sebelum tenggat waktu.
Selain itu, aplikasi tanda tangan elektronik juga memungkinkan semua pihak untuk memantau proses penandatanganan secara up to date, sehingga permintaan tanda tangan menjadi lebih mudah.
Baca juga: OJK menekankan pentingnya KYC dalam tanda tangan elektronik
3. Bebas dari kerumitan pengiriman dokumen
Mengirim banyak dokumen melalui kurir dengan tanda tangan basah membutuhkan biaya, terutama jika dokumen tersebut harus dikirim ke luar kota atau negara. Aplikasi tanda tangan elektronik menghilangkan biaya pengiriman karena pembubuhan tanda tangan cukup dilakukan secara langsung on line.
Dokumen juga dapat dikirim secara berkelompok, fitur yang berguna bagi perusahaan yang harus mengirim beberapa kontrak atau faktur penjualan ke pelanggan dan pemasok.
4. Kerahasiaan dan keamanan terjaga
Banyak dokumen, seperti perjanjian atau kontrak, berisi informasi yang harus dirahasiakan. Oleh karena itu, dokumen harus dijaga agar tidak hilang, dan dibaca atau disalin oleh pihak yang tidak berwenang.
Aplikasi tanda tangan elektronik memiliki berbagai fitur yang memastikan hanya pihak yang berwenang yang dapat mengakses dan menandatangani dokumen.
Fitur jejak audit, misalnya, mencatat secara detail perubahan yang dilakukan oleh pihak mana pun terhadap suatu dokumen. Pastikan juga aplikasi tanda tangan elektronik tersebut disertifikasi oleh Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) sehingga tanda tangan yang dibubuhkan dianggap sah secara hukum.
5. Fleksibel
Aplikasi tanda tangan elektronik menyimpan semua dokumen di cloud sehingga penandatanganan dapat dilakukan secara multi-platform melalui smartphone, tablet, dan komputer. Operasi bisnis juga tidak dibatasi oleh jarak dan waktu.
Baca juga: Semua jenis tanda tangan elektronik yang sah dan dapat ditegakkan
Baca juga: Apakah tanda tangan elektronik legal?
Baca juga: Privy merilis prangko elektronik
Reporter: Ida Nurcahyani
Editor: Natisha Andarningtyas
HAK CIPTA © Partaipandai.id 2023