Konsistensi dalam menjual itu penting
Surabaya (Partaipandai.id) – Pemilik usaha keramik buatan tangan Lumosh Fine Ceramic, Raymod Tjiadi mengatakan penggunaan platform digital marketplace seperti Tokopedia dengan fitur “Served by Tokopedia” dapat membuka peluang untuk memasarkan produk secara lebih luas, dari skala nasional hingga internasional dengan lebih mudah.
“Saat ini harus bisa mengikuti tren teknologi. Dulu hanya dijual secara online.” offlinesekarang dengan banyaknya platform seperti yang disediakan oleh Tokopedia, memberikan kesempatan untuk berbuat lebih banyak menonjol dan itu harus digunakan untuk pelaku usaha baru dan lama,” kata Raymod Tjiadi di Surabaya, Rabu.
Beliau juga memberikan saran kepada masyarakat yang ingin memulai bisnis untuk mulai melihat manfaat dari teknologi digital. Selain memudahkan bisnis, kehadiran platform digital juga dapat memberikan masukan bagi pengembangan bisnis.
Baca juga: Rahasia Lumosh Fine Ceramic sebagai “acara sampingan” suvenir resmi untuk KTT G20
“Seperti yang disediakan oleh Tokopedia melalui ‘Served by Tokopedia’, kami memanfaatkan itu karena sangat membantu dari segi efisiensi waktu, biaya pembukaan cabang dan juga pekerjaan kami tentunya,” ujarnya.
Selain menyadari pentingnya peran digital dalam mengembangkan bisnis di era sekarang ini, para pelaku bisnis juga harus konsisten dan disiplin dalam menjalankan strategi bisnis yang telah ditetapkan jika memang ingin berkecimpung dalam bisnis tersebut.
“Konsistensi dalam berjualan itu penting, karena tidak mungkin bisnis bisa langsung sukses, bisa jadi prosesnya butuh waktu setahun, dua tahun atau lebih.” dia berkata.
Pada kesempatan yang sama, Senior Lead Komunikasi Eksternal Tokopedia Rizky Juanita Azuz membenarkan bahwa digitalisasi ekosistem dunia bisnis telah memberikan manfaat positif bagi perkembangan bisnis. Selain itu, kehadiran Gudang Pintar Tokopedia di berbagai kota besar di Indonesia juga mampu memberikan kemudahan bagi konsumen dan tentunya pelaku usaha itu sendiri.
Wanita yang akrab disapa Kiki ini mengatakan tidak ada kriteria khusus bagi pelaku UMKM yang ingin memanfaatkan Gudang Pintar “Berlayanan Tokopedia”. Namun jika pelaku usaha makanan harus memperhatikan tanggal kadaluarsa produk tersebut.
“Kriteria khusus sebenarnya tidak ada, tapi ada hal-hal yang harus diperhatikan. Misalnya untuk makanan harus diperhatikan kapan tanggal kadaluarsanya, karena barangnya disimpan dan ada di gudang kita stok,” jelasnya.
Kehadiran Gudang Pintar yang Dilayani Tokopedia ini memang untuk membantu para pelaku usaha khususnya UMKM lokal untuk memaksimalkan penjualannya di pasar domestik sehingga dapat mendorong pemulihan ekonomi negara.
Seperti diketahui, Tokopedia mencatat pada semester I 2022 terjadi peningkatan jumlah transaksi dan pembeli khususnya di Surabaya yang mencapai hampir 1,5 kali lipat. Peningkatan ini terjadi pada kategori makanan dan minuman yang paling banyak diminati konsumen Surabaya.
Baca juga: Fenomena pegawai kota besar meliuk-liuk menjadi petani di desa
Baca juga: Initial Coffee Roaster menghidupkan ribuan petani kopi lokal
Baca juga: Lima Tips Memadukan Fashion di Musim Hujan ala Leona Agustine
Wartawan : Chairul Rohman
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Redaksi Pandai 2022