Jakarta (Partaipandai.id) – Telkomsel, anak usaha Badan Usaha Milik Negara PT Telkom, melalui riset tSurvey.id Telkomsel menemukan tiga dari lima platform yang disukai pedagang UMKM untuk berjualan online adalah platform lokal.
“Temuan ini merupakan cerminan pentingnya pengalaman dan layanan yang memuaskan bagi responden sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para pelaku pasar online trading untuk mengambil keputusan bisnis di masa mendatang, terutama di tengah ketatnya persaingan antar platform,” ujar Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang, dalam siaran persnya, dikutip Jumat.
Baca juga: NOICE menyediakan platform untuk pembuat audio lokal
Baca juga: Platform investasi baru Temasek menargetkan perusahaan lokal dan menengah
Telkomsel, melalui Survei Pemanfaatan Pasar Perdagangan Online (e-commerce) Terpercaya dan Terpercaya oleh UMKM Indonesia tahun 2022, menemukan platform yang dipercaya oleh UMKM untuk berjualan online adalah Tokopedia (76 persen), Shopee (75 persen), Lazada (19 persen), Bukalapak (18 persen) dan Blibli (14 persen).
Survei tersebut juga menemukan bahwa kelima platform tersebut memberikan pengalaman yang paling memuaskan untuk berjualan online, dengan rincian kinerja Tokopedia sebesar 69 persen, Shopee sebesar 62 persen, Lazada sebesar 11 persen, Bukalapak sebesar 9 persen dan Blibli sebesar 4 persen.
[ruby_related heading=”More Read” total=5 layout=1 offset=5]
Untuk kategori platform penjualan online memuaskan, Tokopedia masih menjadi nomor satu dengan 68 persen, Shopee 61 persen, Lazada 11 persen, Bukalapak 11 persen, dan Blibli 6 persen.
Sedangkan kategori yang paling banyak digunakan UMKM untuk berjualan online adalah Tokopedia (47 persen), Shopee (45 persen), Lazada (5 persen), Bukalapak (2 persen) dan Blibli (0 persen).
Riset pasar ini didasarkan pada pengguna telepon seluler dengan nomor seluler Telkomsel, melibatkan 1.000 responden dari UMKM di seluruh Indonesia dari 10 hingga 24 Juni 2022. Demografi responden dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi berjumlah 60 persen, sedangkan responden dari Pulau Jawa tidak. – Jabodetabek sebesar 30 persen.
Sebanyak 10 persen responden berasal dari luar Jawa. Dari segi jenis kelamin, 60 persen responden adalah laki-laki dan 40 persen perempuan.
Baca juga: Konten lokal Indonesia akan hadir di Prime Video
Baca juga: Kanada meloloskan tagihan pada konten lokal di platform ‘streaming’
Baca juga: Di Nigeria, platform media sosial harus membuka kantor lokal
Reporter: Natisha Andarningtyas
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Redaksi Pandai 2022