Jakarta (Partaipandai.id) – Dalam dua setengah tahun terakhir, implementasi penggunaan layanan online oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) semakin berkembang, didorong oleh transformasi digital dan pandemi COVID-19.
Bahkan Kementerian Koperasi dan UKM mencatat terjadi peningkatan dua kali lipat pelaku UMKM yang merambah penjualan melalui jalur online.
Salah satu platform online yang tergolong banyak digunakan adalah TikTok karena selain berjualan, pelaku UMKM bisa membuat konten lain untuk menarik minat pelanggan lebih banyak.
Dari siaran pers TikTok yang diterima di Jakarta, Senin, berikut beberapa tips mudah bagi pelaku UMKM untuk menjadi kreator dengan memanfaatkan fitur-fitur layanannya.
Baca juga: TikTok memindahkan data pengguna AS ke penyimpanan Oracle
Baca juga: Senator AS menembaki TikTok karena konten perang Rusia
Konsistensi konten langsung
Salah satu fitur yang dihadirkan TikTok untuk para pelaku UMKM adalah TikTok Shop yang memiliki fitur siaran langsung penjualan streaming langsung.
Fitur ini akan terasa sangat berguna karena adanya interaksi langsung antara penjual dan pembeli serta kreator lain yang berkolaborasi.
Salah satu UMKM yang berhasil mencoba metode penjualan melalui siaran langsung adalah penjual kaftan Ayjona Store.
Ayjone mengungkapkan melalui konten siaran langsung yang menarik dan visual yang bagus, sepertinya penjualan melalui TikTok Shop bisa meningkat.
“Tantangan kami adalah bagaimana pengguna bisa tertarik dengan koleksi kaftan kami dan ingin berinteraksi dengan host atau penjual, kapanpun dan dimanapun mereka berada. host streaming langsung“Kami juga terus belajar bagaimana membuat sesi menjadi menyenangkan, sekaligus informatif, pengguna akan merasa lebih nyaman berbelanja di TikTok Shop kami,” kata Dina Apria Geni, pemilik Ayjona Store.
Trik jitu ini berhasil membawa penjual ini mencatatkan peningkatan penjualan (GMV) 10 kali lipat selama Ramadhan tahun ini di TikTok Shop.
Manfaatkan fitur efek TikTok
Tidak hanya untuk pembuat konten biasa, TikTok juga menghadirkan fitur efek terbaru, baik efek suara untuk video pendek atau konten lainnya untuk pelaku UMKM.
Perpaduan berbagai solusi dan fitur tersebut dapat diterapkan untuk memaksimalkan manfaat yang dirasakan oleh penjual TikTok Shop, seperti yang telah dilakukan oleh GBMJ Butik.
“Kami ingin pengguna tertarik dan berinteraksi dengan berbagai konten promosi kami di mana mereka dapat menemukan keranjang produk kami, mulai dari video pendek atau sesi siaran langsung yang menyenangkan. Untungnya, ada banyak lagu sedang tren yang dapat kami gunakan dalam konten video pendek kami di TikTok, dikombinasikan dengan solusi iklansehingga dapat membawa pengguna ke sesi siaran langsung penjualan kami dan berbelanja di akun TikTok Shop kami,” kata pemilik GBMJ Butik Bella Juniartha, .
Kolaborasi dengan kreator lain
Menghadirkan kreator yang dikagumi dan relevan dengan target audiens mereka dapat membantu merek memproduksi konten pendek dan video siaran langsung dengan tingkat partisipasi penonton yang tinggi.
Strategi ini dilakukan oleh Shop At Blow, pelaku UKM dengan sepatu dan sandal yang trendi.
Sebagai salah satu pembicara di TikTok Shop Seller Conference, Shop At Blow membagikan bagaimana kehadiran kreator atau selebritas dapat membantu mereka menarik lebih banyak interaksi dengan pengguna, termasuk dalam konten promosi menjelang sesi. siaran langsung penjualan.
“Dari para kreator dan selebritas yang berkolaborasi, kami belajar bagaimana mengemas konten promosi kami dengan lebih menarik. Tentu ini akan membantu kami untuk tetap menghibur pelanggan kami ketika mereka berbelanja di TikTok Shop kami,” kata pemilik Shop At Blow Vincent Octavianus.
Sejak Februari 2022 dan menerapkan metode ini, Shop at Blow telah mencatatkan keuntungan hingga 400 persen melalui TikTok Shop.
Untuk mendukung kemajuan pelaku UMKM di tanah air, TikTok Shop mengajak para pelaku UMKM untuk mengikuti kompetisi video pendek sebagai bagian dari program #TikTokShop77Sale.
Acara ini berlangsung hingga 7 Juli 2022 dan pemenang akan dilihat dari jumlah kunjungan penjualan siaran langsung pelaku UMKM di TikTok Shop.
Baca juga: “Ikuti Saya”, program TikTok khusus untuk UKM
Baca juga: Apple dan Google didesak untuk menghapus TikTok dari hub aplikasi
Baca juga: TikTok mempersembahkan #SerunyaLearning sebuah inisiatif pendidikan yang menyenangkan
Reporter: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Redaksi Pandai 2022